Situs Budaya Di Sampung Ponorogo
Petilasan Raja Airlangga

By It Smazapo 14 Mar 2021, 16:28:49 WIB Budaya
Situs Budaya Di Sampung Ponorogo

Gambar : Gambar depan situs Watu Dukun di Sampung .Sumber Detik.com


Situs watu dukun dikenal berada di Desa Pagerukir, Kecamatan Sampung, Ponorogo. Situs batu ini diyakini warga sebagai tempat Raja Airlangga bersama Empu Narotama menimba ilmu kepada Empu Barada.

Saat itu sekitar tahun 1016 masehi, terjadi peristiwa Paralaya. Kerajaan Medang saat itu di bawah kekuasaan Dharmawangsa dan diserang Kerajaan Sriwijaya, Wengker dan Wura-wari. Padahal saat itu di Medang, ada pernikahan Airlangga dengan salah satu putri Dharmawangsa. Saat peristiwa tersebut hanya Airlangga yang selamat. Airlangga saat itu masih berusia 16 tahun berhasil lolos dari serangan.

"Airlangga melarikan diri bersama Narotama dan digembleng oleh Empu Barada di Pagerukir sini," tutur Juru Kunci Situs Watu Dukun, Bibit Santoso kepada detikcom, Sabtu (13/3/2020). Setelah 6 tahun digembleng, ada seorang utusan dari rakyat Medang menginginkan Airlangga membangun kembali Kerajaan Medang yang runtuh dihancurkan musuh dalam peristiwa Paralaya. Dengan keyakinan kuat dan restu Empu Barada, akhirnya Airlangga dan Narotama menyusun kekuatan mengambil Kerajaan Medang dari musuh.

Di situs ini terdapat sebuah batu besar bertuliskan huruf Jawa Kuno. Selain itu ada juga batuan seperti balok altar (Meja) dan 4 batu kursi, batu salju, batu berudak, batu suci serta batu menyerupai ranjang itu.

Sumber berita : https://news.detik.com/berita-jawa-timur/d-5491687/




Write a Facebook Comment

Komentar dari Facebook

View all comments

Write a comment